Pengertian Extended, Directors Cut, Limited, Unrated, Resync, Pvrip, dan Proper

Movie-Player

Bagi Anda yang sering download film mungkin tak asing lagi dengan istilah-istilah ini : Extended, Directors Cut, Limited, Unrated, Resync, Pvrip, dan Proper. Istilah-istilah tersebut sering ada pada situs download film. Contoh misalnya di sebuah situs film terdapat postingan yang berjudul “ After Earth ( 2013 ) Extended Bluray 720p 700MB”, tulisan yang dicetak tebal tersebut yang saya maksud.

Walaupun sering terlihat dan tak asing lagi tapi mungkin Anda belum tahu arti sebenarnya. Nah karena itu saya akan menjelaskan pengertian dari istilah-istilah tersebut.

1.      Extended
Adalah istilah untuk film yang dirilis lebih panjang durasinya daripada rilisan yang pertama atau rilisan sebelumnya dan biasanya kamu bisa melihat adegan yang tidak ditayangkan pada rilisa sebelumnya.

2.      Limited
Artinya edisi dari suatu rilisan film (biasanya DVD atau bluray) yang terbatas dan langka dan sukar dicari.

3.      Directurs cut
Sebenarnya sama kaya extended cuma sang sutradara sendiri yang berhak memilih adegan mana yang akan dimasukkan atau tidak dimasukkan di rilisan terbaru yang pastinya lebih panjang dari edisi sebelumnya.

4.      Unrated
Adalah film dengan versi (biasanya dvd) yang menampilkan adegan-adegan yang dihapus lebih tepatnya dilarang dilihat atau dianggap porno dan menjijikkan dari edisi sebelumnya atau lebih simplenya film yang tidak di sensor.

5.      Pvrip
Adalah screen televisi yang direkam ke PVR atau dvd recorder atau film yang sumbernya dimabil dari saluran khusus.

6.      Resync
Adalah sebuah istilah untuk mengepaskan subtitle pada suatu film (biasanya ada softwarenya).

7.      Proper
Adalah aturan main di kalangan para pembajak film ang mana yang merilis Telesync (TS) duluan adalah pemenangnya tapi biasanya kualitasnya kalah sama rilisan sesudahnya

Nah sebagai tambahan, ada juga istilah cam, HDcam, HDTV, TS, Bluray 720p, Bluray 1080p dan masih banyak lagi. Istilah-istilah tersebut didasarkan pada kualitas gambar film tersebut. Berdasarkan pengalaman yang paling jelek kualitasnya adalah cam ( camera ) dan yang paling bagus adalah Bluray 1080p. Jadi ketika Anda ingin mendownload suatu film perhatikan dulu istilah-istilah tadi. Namun perlu Anda tahu semakin bagus kualitas gambar suatu film, semakin besar pula ukuran filenya. Bagaimana Menurut Anda ?
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 comments:

  1. hohohoho, itu toh artinya... baru tahu gan

    ReplyDelete
  2. ok, sma-sma gann
    siap meluncur

    ReplyDelete
  3. Gan kira kira lebih bagus yang extended atau yang nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Extended bukan tentang kualitas gan, tapi tentang durasi filmnya. extended durasinya lebih panjang (tambahan adegan dari film sebelumnya)

      Delete
  4. Gan saya mau nanya nih, saya kan download film brick mansion yg extended cut , trus saya putar di mx player ternyata pas saya coba subtitle nya ga ada yg pas trus saya coba lagi pake subtitle dari blog lain juga ga bisa , itu solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Extended cut versi apa dulu gan, apakah versi bluray ato WebDL?
      Agan coba download subtitle di subscene.com di sana terdapat banyak subtitle sesuai versi filmnya, silahkan download subtitle sesuai versi film yg telah agan download, misalnya klo versi bluray cari subtitle yg versi bluray juga..

      Delete
  5. Maksudnya limited itu klo misalkan di bioskopnya limited juga??

    ReplyDelete
  6. Saya cuma pengen ngerti .. Ternyata begitu

    ReplyDelete
  7. Numpang lewat gan, nyimak

    ReplyDelete
  8. Sangat informatif...makasih

    ReplyDelete
  9. Ooh bgitu rupanya,,sngt bermanfaat bagi movie maniac hehehe, tenkyu gan

    ReplyDelete
  10. gue lebih kaget sama bio nya Milan Tomic -_-

    ReplyDelete